Belajar Membuat Bakso

Salah satu makanan khas indonesia yang tak kan lekang oleh waktu. Populer banget makanan ini, layak nya indomie. Sangkin digemarinya, tak heran bisa dengan mudah menemui makanan ini di setiap tempat dari sabang sampai merauke. Jamin deh, gak ada yang kuat nahan selera kalau disuguhi bakso, apalagi pas musim hujan hehehhe.  

Sejak jaman dulu selalu penasaran dengan cara membuat bakso, tapi belum berhasil mengeksekusinya.  segala resep sudah berkali-kali di coba, tetap hasilnya kurang pas. Kurang mirip dengan punya abang-abang penjual bakso. Bingunh salahnya dimana, tapi pas tinggal di Indonesia gak terlalu pusing, karena mau menikmati bakso enak gampang, tinggal pesan atau jalan keluar kompleks sudah ketemu sama penjual bakso.

Setelah pindah ke qatar, makanan ini terasa mewah, mau makan harus pesan terlebih dulu atau harus jalan kurang lebih sekitar sejam an ke doha, atau nugguin ada acara community Indonesia😃.

Nah alasan itu, yang buat semakin semangat untuk belajar membuat bakso, gagal, coba lagi, gagal, coba lagi begitu terus siklusnya. Kalau dipikir, sebenarnya makanan ini simple tetapi untuk mendapatkan rasa dan tekstur bakso yang pas, itu yang butuh perjuangan.

Untuk mendapatkan insight, saya gak bosan jalan-jalan dan muter-muter ke blog para master baking and cooking, dan sneak peek ke insta story mereka. Resepnya sih hampir mirip semua, kurang lebih aja, tapi langkah-langkahnya yang harus diperhatikan. Baru paham ternyata yang bikin saya sering gagal itu, langkah-langkahnya yang keliru.  setelah langkah-langkah nya dijalani alhamdulillah kali ini, lumayan pas itu kekenyalan si bakso, hampi mendekati bakso nya abang-abang.


Walaupun bukan termasuk yang jago dan sering banget membuat bakso, dan masih tergolong modal recook masakan orang lain, saya coba berbagi resep yang sering saya gunakan, beserta langkah-langkahnya:

Resep bakso Source by: Icha Irawan Recook by: me

1/2kg daging cincang halus

1 sdm bawang merah goreng

2 sdt bawang puting goreng 

1/2 sdt baking powder

2 sdt garam (sesuai selera saja)

1sdt gula1

sdt merica

4 sdm penuh tepung sagu (kalau saya kadang 5sdm)

1 putih telur

150 ml es batu

1 sdt royco


Cara: 

  1. Panaskan air di dalam panci sampai mendidih kemudian matikan apinya.
  2. Masukkan ke food processor daging dan bawang. Pastikan daging sudah benar2 halus, masukkan baking powder, garam, gula, merica, tepung sagu, royco. Terakhir masukkan putih telur dan es batu.
  3. Bentuk bulat2, masukkan ke dalam panci yang sudah dimatikan. Tunggu sampai penuh, hidupkan lagi panci. Panaskan hingga mendidih kembali dan angkat bakso yang sudah mengambang.
  4. Masukkan ke air dingin untuk menghentikan proses memasaknya agar bakso tidak lembek.

Selamat mencoba😊😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: